Mana yang lebih ideal untuk traveling, mobil manual atau matic?

Administrator

Administrator

31 December 2020

Mana yang lebih ideal untuk traveling, mobil manual atau matic?

untuk menemani perjalanan liburanmu, kamu wajib tau mobil bertransmisi apa sih yang ideal untuk kamu gunakan

Libur akhir tahun sudah didepan mata, tak sedikit orang yang telah menyiapkan rencana liburan bersama keluarga untuk menghabiskan libur akhir tahun dengan lebih berkesan.

Di tengah masa pandemi, liburan menggunakan mobil dapat menjadi alternatif untuk kamu. Selain meminimalisir kontak dengan orang asing, dengan liburan pakai mobil kamu dapat lebih fleksibel menentukan destinasi wisata.

Untuk melakukan Traveling dengan mobil kamu perlu tahu mana sih mobil yang ideal untuk menemani perjalanan liburan mu bersama keluarga.

Pada umumnya, mobil dibedakan berdasarkan transmisi manual dan matic. Keunggulan kedua transmisi ini sering kali jadi perdebatan, dan membuat kita bingung mana sih mobil yang ideal untuk liburan.

Di artikel ini kami akan mengupas tuntas tentang mobil matic dan manual. Serta mana sih mobil yang ideal untuk kamu ajak traveling. 

1. Mobil Matic vs Manual dalam segi performa

Kedua jenis mobil ini tentu nya memiliki perbedaan pada transmisi nya. Pada transmisi otomatis atau matic perpindahan gigi terjadi secara otomatis tanpa perlu perintah dari pengemudi.

Sedangkan, pada transmisi manual mengharuskan pengemudi menggunakan kopling saat akan memindahkan gigi. Namun, perbedaan lainnya pada mobil matic dan manual dapat dilihat dalam segi performa nya.

Percepatan mesin pada mobil manual cenderung lebih halus daripada mobil matic. Hal ini disebabkan karena pada mobil manual pengemudi dapat mengatur sendiri laju kecepatan mobil. Dan mobil manual memiliki lebih banyak gigi percepatan yaitu sebanyak enam gigi.

Jadi kalau kamu ingin melakukan perjalanan wisata jarak jauh lebih baik menggunakan mobil bertransmisi manual. Tapi kalau kamu tipe pengemudi yang santai dan tidak terburu- buru kamu dapat memilih mobil matic

2. Tingkat konsumsi bahan bakar

Kalau lagi Traveling, biaya BBM harus diperhitungkan dengan baik agar budget liburan mu tetap aman dan sesuai rencana.

Nah, kalau bahas tentang konsumsi BBM mobil matic dan manual, nyatanya masih banyak orang yang salah. Banyak orang mengira bahwa mobil matic lebih hemat bahan bakar dari pada mobil manual.

Faktanya, mobil manual lah yang lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan mobil matic.

Hal ini disebabkan karena perputaran transmisi mobil manual tidak seberat matic sehingga mesinnya tidak perlu bahan bakar ekstra. Selain itu, mobil manual memiliki lebih banyak gigi dan menjadikan mobil manual lebih irit BBM.

3. Matic dan Manual dalam segi kenyamanan

Nah kalau masalah kenyamanan, mobil matic lah yang lebih baik dibandingkan mobil manual. Hal ini tentunya karena pengemudi tak perlu mengganti persneling dan menginjak kopling untuk mengganti gigi.

Kalau kamu memilih untuk mengendarai mobil matic saat liburan, kaki dan tangan mu akan lebih santai dan tak mudah merasa pegal. 

4. Manual dan matic dalam segi keamanan

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, pada mobil bertransmisi manual pengemudi harus selalu memperhatikan pergantian gigi dengan menginjak kopling. Mengemudi dengan mobil manual sama saja harus mengerjakan banyak hal disatu waktu.

Sedangkan, pada tuas mobil matic terdapat mode "P" yang berarti "Park". Jika pengemudi memposisikan tuas pada mode P maka mobil dapat otomatis mengerem dan tak ada kemungkinan berjalan sendiri secara tiba-tiba. Hal ini menjadikan tingkat keamanan mobil matic satu tingkat diatas mobil manual.

Nah, itu dia beberapa perbedaan mobil bertranmisi matic dan manual. Dengan perbandingan diatas kamu dapat memilih mobil mana sih yang sesuai dengan kebutuhan Traveling mu. 

Kalau kamu tipe Traveler yang ingin melakukan perjalanan jauh dan ingin lebih hemat BBM maka mobil bertransmisi manual adalah pilihannya.

Sedangkan, jika kamu ingin liburan bersama keluarga dengan lebih santai dan nyaman kamu dapat memilih mobi matic.

Last but not least, untuk kamu yang punya rencana liburan ke Bali bersama keluarga atau pasangan kamu dapat menyewa mobil di Bali dengan hanya satu klik.

Di Bali Citra Medina kamu dapat menemukan puluhan mobil matic maupun manual yang siap kamu rental dengan harga termurah dan terhemat. Yuk langsung aja klik disini untuk booking.


Topic